Penangan guest laundry dan house laundry
Tujuan pembelajaran :
1.
membedakan pengertina guest laundry dan house laundry
2.
memberikan contoh guest laundry
3.
memberikan contoh house laundry
4.
membedakan prosedur penerimaan guest laundry dan house
laundry
5.
menjelaskan prosedur pengembalian cucian kepada tamu
6.
mengerjakan administrasi di laundry
Materi ajar
A.
penerimaan cucian tamu
1.
sistem pelayanan
pelayanan
cucian tamu di hotel ada dua jenis, yaitu cucain tamu yang tinggal di hotel
(guest laundry) dan dari tamu luar hotel (out side laundry). Secara operasional
pelayanan ini meliputi pelayanan pencucian
biasa (laundry service), pelayanan cuci kering (ddry cleaning service),
dan setrika (press only). Sedangkan waktu pelayanannya terbagi menjadi dua
yaitu:
a.
one day service/ regular/ today
adalah pelayanan pencucian pakaian tamu dimana cucian diserahkan atau
dikumpulkan oleh petugas sebelum pukul 10.00 pagi dan akan dikembalikan pada
pukul 18.00 pada hari yang sama
b.
express service
adalah apabila tamu menghendaki pelayanan yang cepat, cucian/ pakaiannya
selesai dicuci dalam waktu 2 sampai 3 jam. Untuk pelayanan ini biasanya hotel akan memberikan harga tambahan 100% dari
harga normal
Selain pelayanan diatas ada juga tamu yang
mengirimkan cuciannya setelah jam 10.00. tetapi menginginkan selesai pada hari
yan sama seperti halnya pada one day service. Pelayanan seperti ini pihak hotel
akan memberikan harga tambahan 50% dari harga normal
2. prosedur pelayanan
pengambilan cucian tamu dikamar menjadi
tanggung jawab valet. Sedangkan untuk out side laundry tamu mengantar cuciannya
ke hotel atau pihak hotel yang amengambil ke agen-agen laundry yang bekerjasama
dengan hotel yang bersangkutan. Untuk penanganan out side laundry ini seksi
counter bekerja sama dengan seksi valet pada saat pengecekkannya. Peralatan
yangg harus dibawa valet pada saat pengambilan cucian tamu di kamar adalah tas
cucian (laundry bag), dafftar cucian (laundry list), valet record dan alat
tulis.
a.
prosedur pengambilan cucian tamu (guest laundry)
1.)
tamu yang berniat mencuciakan pakaiannya ke laundry
dapat melalui beberapa cara, yaitu :
a.)
menghubungi seksi order taker
b.)
menggantungkan kartu pelayanan laundry ( laundry
service bag) di pintu
c.)
memberitahukan kepada room attendant atau floor captain
2.) informasi yang diterima oleh petugas di
atas selanjutnya akan di informasikan kepada valet
3.) setelah menerima informasi tersebut valet
menuju ke kamar tamu sambil membawa perlengkapan yang diperlukan
4.) sesampainya di kamar tamu valet mengetuk
pintu kamar tamu 3x sambil menyebutkan identitasnya
5.) apabila pintu dibuka oleh tamu ucapkan
salam dan katakan keperluan anda
6.) mintalah ijin kepada tamu untuk mengecek
cucian
7.) setelah melakukan pengecekkan dan pada
kolom hotel sudah terisi, masukkan kembali cucian ke dalam tas laundry beserta
dengan list nya
8.) keluarlah dari kamar tamu ucapakan
trimakasih kepada tamu
9.) tutup pintu pelan-pelan letakkan laundry
pada kereta laundry bila anda membawanya
10.)isilah valet record dan bawalah cucian ke
ruang laundry serahkan kepada checker
11.)checker selanjutnya akan mengecek cucian
tersebut
b.
penerimaan cucian tamu dari luar hotel (out side
laundry)
1.) tamu
akan dating ke hotel untuk menyerahkan cuciannya ke hotel dan diterima oleh
seksi counter. Apabila hotel
memiliki agen maka valet akan mengambil cucian tersebut ke agen yang
bersangkutan
2.) seksi counter dan valet akan mengecek
cucian yang dikirim oleh tamu dan mengisi kolom hotel pada laundry list
3.) masukkan kembali cucian kotor beserta
dengan listnya ke laundry bag dan serahkan ke checker untuk di cek kembali
B. penerimaan cucian lena hotel
cucian lena hotel terdiri dari
lena tata graha, tata hidang dan tata boga dan seragam karyawan. Teknik pengiriman lena kotor sangat
bervariasi antara hotel yang satu dengan hotel yang lainnya.
Prosedur penerimaa cucian lena
hotel (house laundry) adalah pengiriman lena kotor biasanya dilakukan oleh
seorang linen attendant atau line boy. Ada juga pengirimannya dibawa langsung
pleh petugas ke ruang lena atau laundry. Sedangkan untuk seragam karyawan
biasanya diserahkan ke seksi uniform. Adapun prosedurnya adalah sebagai berikut
C. pengembalian cucaian bersih
setelah cucian selesai di
proses, di setrika dan di pack petugas laundry akan mengembalikan kepada tamu
sesuai dengan waktu pesanannya
1.
prosedur pengembalian cucian tamu hotel (guest laundry)
a.
setelah cucian selesai dipak atau digantung dan
ditempel laundry list, valet akan mengumpulkannya
b.
valet membawa cucian-cucian tersebut ke kamar tamu
sambil membawa laundry vocher
c. ketuk pintu kamar tamu sambil menyebutkan
identitas
d. setelah dibuka katakan maksud dan tujuan
anda
e. setelah tamu mengecek cuciannya mintalah
tamu untuk menandatangani laundry vocher
f. ucapkan terima kasih dan tutup pintu kamar
tamu pelan-pelan
g. setelah semua laundry diserahkan kepada
tamu, serahkan laundry vocher yang sudah ditandatangani ke kasir kantor depan
2.
prosedur pengembalian cucian tamu dari luar hotel (out
side laundry)
a.
setelah cucian selesai dipak dan ditempel dengan
laundry lilst aturlah di rak dengan rapi dan teratur
b.
apabila tamu/ pelanggan mengambil cucian mintalah
laudry list yang aslu dari tamu dan cocokkan dengan laundry yang sudah diaatur
di rak
c. setelah cocok, serahkan kepada tamu. Apabila
tamu menyelesaikan pembayarannya stempellah laundry vocher dengan stampel lunas
d. serahkan laundry vocher beserta
pembayarannya ke kantor depan
3.
prosedur pengembalian lena hotel (house laundry)
a.
lena food and beverage dan housekeeping
1.) setelah cucian selesa lena tersebut di
serahkan ke general linen room beserta listnya
2.) linen attendant akan mengecek jumlah dan
jenis cucian
3.) serahkanlah ke seksi/ departemen yang
mengirimnya tertera di dalam linen laundry list
b. pakaian seragam karyawan
1.) untuk pakaian seragam karyawan setelah
dicuci, disetrika, dan digantung maka akan dibawa keruang lena
2.) setelah dicek oleh seksi uniform
selanjutnya akan diataur dalam lemari karyawan
D. penyelesaian administrasi laundry
penyelesaian administrasi di
laundry sangat bermanfaat untuk memudahkan perhitungan dan pengecekkan
pencucian di laundry, digunakan bermacam-macam format sesuai dengan
kegunaannya. Format ini dalam pengisiannya menjadi tanggung jawab masing-masing
seksi
1.
daftar cucian (laundry, dry cleaning, pressing list)
format ini diisi oleh tamu dan valet. Fungsinya
adalah sebagai alat kontrol atas setiap pencucian di laundry. Untuk cuci biasa
akan menggunakan laundry list, untuk cucian kering menggunakan dry cleaning
list dan untuk pelayanan setrika saja menggenakan pressing list.
Informasi atas cucian tersebut sesuai
dengan saat menyerahkan dan service yang di minta. Makin cepat waktu
pengembalian cucian (express) maka makin mahal biaya ongkos cuci.
Laundry list di setiap hotel tidak selalu
sama. Informasi yang tertera
biasanya tidak terlepas dari informasi penting. Biasanya list ini dibuat
rangkap tiga dengan pendistribusaib sebagai berikut :
a. asli untuk tamu
b. copy ke dua untuk laundry
c. copy ke tiga untuk arsip
2. kwitansi pembayaran/ laudry vocher
laundry
voucher dibuat berdasarkan laundry list, dry cleaning list, dan press list. Setiap
list ini akan dibuatkan laundry voucher sendiri-sendiri meskipun dalam satu
kamar. Dari laundry voucher ini dapat
diketahui berapa biaya pencucian yang harus dibayar tamu. Seddangkan untuk
mengisinya menjadi tanggung jawab seksi counter dan administrasi.
Laundry
voucher dibuat rangkap tiga dan pendistribusainya sebagai berikut :
a. asli untuk tamu
b. copy ke dua untuk laundry
c. copy ke tiga untuk arsip
3.
list of voucher/ daily guest laundry recapitulation
list
ini merupakan rekapitulasi dari laundry voucher yang umumnya dibuat dala satu
shift. Dari datanya dapat kita lihat
jumlah penghasilan laundry selama satu shift.
List ini dibuat rangkap tiga dengan pendistribusainya
sebagai berikut :
a. asli untuk tamu
b. copy ke dua untuk laundry
c. copy ke tiga untuk arsip
4. linen laundry list
list ini digunakan untuk mencatat
pengiriman cucian milik hotel (house laundry) yang terdiri dari lena food and
bevarage departemen, housekeeping departemen dan uniform.
5. valet
record
adalah format yang digunakan oleh valet
pada saat melaksanakan tugasnya selama satu shift
Latihan 3
Kerjakan latihan dibawah ini :
1. sebutkan tiga sistem pelayanan di laundry
2. apa yang dimaksud dengan express service?
3. mengapa seorang valet harus melakukan
pengecekkan kembali pada saat mengambil cucian tamu
4.
bagaimana prosedur pengambilan cucian tamu dalam hotel
5. bagaimana prosedur pengembalian cucian
tamu dari luar hotel
Rangkuman
Pelayanan pencucian di laundry meliputi pencucian
biasa (laundry), cuci kering (dry cleaning), dan setrika (press only).
Sedangkan waktu pelayananya ada one day service dan express service.
Pengambilan dan pengembalian cucian tamu merupaka tanggung jawab bagian valet.
Untuk out side laundry seksi counter dan valet lah yang bertanggung jawab
menanganinya. Pencucian lena
hotel di distribusikan oleh linen attendant ke laundry. Sedang pengembalian
house laundry di pusatkan di general linen room ke seksi masing-masing.
Penyelesaian administrasi bertujuan
untuk mempermudah pengecekkan dan perhitungan laundry. Administrasi yang ada di
laundry adalah :
a. laundry list yang berfungsi sebagai alat
kontrol cucian di laundry
b. laundry voucher sebagai alat bukti
pembayaran
c.
list of voucher sebagai rekapitulasi pendapatan laundry
dalam satu shift
d.
linen laundry list digunakan untuk mencatat pengiriman
cucian milik hotel
2 komentar:
artikel yang menarik, bisnis laundry kini tidak saja diperhotelan tapi sudah masuk dalam bisnis rumah tangga
Terima kasih banyak atas usaha yang telah anda lakukan untuk berbagi ilmu. Semoga pahala selalu mengalir kepada anda. Saya telah berkecimpung di bidang perhotelan sebagai praktisi selama lebih dari 20th dan bekerja di kapal pesiar di bagian laundry selama 7th, tetapi tidak terpikirkan sama sekali untuk bisa menuangkan ilmu dan pengalaman yang saya hadapi. Itu semua dikarenakan kesinukan yang begitu banyak dan memang pada dasarnya saya orang yang tidak pandai dalah hal menulis. Sehingga ilmu dan pengalaman yang saya miliki tidak bisa bermanfaat seperti anda. Terima kasih banyak...
Posting Komentar