Kegiatan Belajar 4
a.
Tujuan Kegiatan Pemelajaran 4
Setelah selesai mempelajari materi
pada pemelajaran keempat ini diharapkan:
a.
Mampu melakukan prosedur kesehatan,
keselamatan dan keamanan umum di tempat kerja bidang pariwisata dan hospitality
b.
Mengetahui teknik
dan prosedur pembersihan kamar
c. Mampu membersihkan peralatan kamar
d. Mampu melengkapi guest supplies kamar tidur dan kamar
mandi
e. Mengathui proses penangan hama dan binatang pengerat yang terdapat di
kamar tamu
f. Melakukan pemeliharaan kamar dan melaporkannya
g. Mampu melakukan Prosedur penangan kehilangan dan
penemuan barang
h. Mampu melakukan pemberasihan kamar mandi
i. Melakukan pemeriksaan terakhir.
b.
Uraian Materi 4
“MEMBERSIHKAN DAN
MERAPIHKAN KAMAR”
1. Teknik dan
prosedur membersihkan perlengkapan
Perlengkapan
kamar dalam hal ini perabot kamar atau “room equipment: yang biasanya berupa
furniture, setiap saat perlu dibersihkan
dari debu dan kotoran lain. Pekerjaan
ini dilakukan setelah menata tempat tidur.
Agar semua perlengkapan benar-benar bersih, maka dalam kegiatan
pembersihan dilakukan urut-urutan
atau perputaran gerakan
pembersihan biasanya searah dengan jarum jam (clockwise atau un clock wise)
Perabotan kamar atau furniture setiap
saat perlu dibersihkan dari debu. Hal ini dapat dilaksanakan dengan beberapa
cara antara lain mengelap atau dusting.
Supaya
mendapatkan hasil yang baik, pakailah yang lembut atau sesuai dengan petunjuk
atau objek yang akan dibersihkan.
Dalam
kegiatan ini ada beberapa teknik pembersihan yang diterapkan antara lain:
|
a) Dusting
Diterapkan
terhadap hampir semua perabot/perlengkapan kamar. Mengenai alat pembersih,
bahan pembersih serta teknik pembersihan
b)
Damp dusting
Diterapkan
terhadap perlengkapan kamar yang dicat
atau perlengkapan lain yang tidak menyerap air
c) Polishing
Diterapkan
terhadap perlengkapan kamar yang di
politur, pekerjaan ini dilakukan secara berkala, dan biasanya dilakukan
terhadap kamar Check-out (C/O)
d) Glass wipping
Diterapkan
terhadap perlengkapan kamar atau bagian
kamar yang berupa cermin (Full length mirror,
dressing mirror, wash basin mirror, dan juga terhadap kaca jendela atau dapat digunakan juga pada kaca penutup
meja.
Alat dan Bahan Pembersih yang diperlukan
Alat
§
Dust cloth
§
Clean cloth
§
Botle sprayer
§
Glass wiper
Bahan perbersih/Bahan kimia
§
Wooden polish
§
Glass cleaner
Teknik dan prosedur pembersihan
Pindahkan
atau geser barang-barang yang ada diatas meja (furniture) dengan teratur,
supaya mudah diletakkan kembali ketempat/posisi
semua
Lipatlah
lap itu dengan rapi. Bersihkan semua
perabotan kamar. Agar tidak ada bagian
yang terlupakan atau terlewatkan, lakukan dengan cara yang teratur atau
berurutan. Mulailah mengerjakannya dari
serambi kamar atau tempat lain yang telah ditentukan, kemudian dilakukan dengan
urut-urutan atau berputar sesuai dengan arah jarum jam.
Secara berkala parabotan ini perlu
juga disemir dengan semir perabotan rumah atau furniture polish. Bila perlu lakukan pembersihan dengan lap
lembab. Perhatikan pada bagian yang
sekecil-kecilnya, antara lain laci, meja, bola lampu. Jangan lupa membersihkan bagian bawah
alat-alat yang bisa diangkat seperti lampu duduk dsb.
Setelah semuanya bersih dari debu,
taruh lap lembut tadi pada tempatnya, kemudiann ambil perlengkapan dan bahan
pembersih kaca untuk membersihkan kaca jendela, pintu, cermin dengan metoda
yang benar. Teknik pembersihan kaca atau
cermin ini disebut glasses wipping.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Teknik dan prosedur pembersihan
§ Kerjakan
pembersihan dari bagian atas ke bawah
§ Furniture yang kainya dilindungi dengan logam/besi diberi
alas dari plastik/karton agar tidak meninggalkan noda bekas karat
§ Sambil mendusting anda sambil memeriksa
kelengkapan-kelengkapan guest supplies yang sudah terpakai/ kurang untuk
diganti pada saat anda melengkapi guest supplies
2.. Melengkapi Guest Supplies Kamar Tidur
Kamar yang sudah dibersihkan perlu
dicek lagi kelengkapan fasilitasnya. Letak perlengkapan tersebut harus sesuai
standar baik jumlah maupun penempatannya, misal logo nama hotel harus dapat
dilihat dan dibaca oleh tamu begitu tamu masuk ke dalam kamar. Apabila ada kekurangan maka harus segera
dilengkapi.
Prosedur restocking yang harus
dilaksanakan oleh room boy adalah sebagai berikut:
·
Persiapkan persediaan guest supplies
dalam trolley cart secara teratur, rapi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan
·
Cek terlebih dahulu guest supplies mulai dari door, closet,
dresssing table, TV, coffe table, nite table, agar agar melengkapinya dengan cepat dan tepat
·
Dalam melengkapi kebutuhan tamu harus
dicatat di dalam roomboy control sheet. Hal ini mutlah harus dilakukan agar
tertib administrasi, untuk pengendalian pemakaian guest supplies, serta untuk
mengetahui jumlah pemakaian guest supplies setiap hari, setiap minggu maupun
setiap bulan
·
Membuat catatan khusus di dalam kolom remark pada roomboy control sheet atau
log bog yang belum lengkap agar dapat dilengkapi oleh roomboy shift berikutnya.
Perlengkapan guest supplies yang harus
tersedia misalnya :
Door
dilengkapi dengan
·
Door knob menu
·
Do not distrub sign
Closet
ward robe/cupboard, dilengkapi dengan:
·
Hanger pria dan wanita
·
Shoes shine
·
Laundry bag Laundry list, Dry cleaning
list & PO list
Dressing
table, diatasnya atau disekitarnya:
·
Stationary holder yang berisi :
Brosure, Guest questionaire, post card, rate sheet, amplop, lembar kertas surat, lembar kertas fax
·
Room service menu
·
Tray dengan water jug dan drinking glas
·
TV dengan video program/TV program
·
Tend card petunjuk penggunaan hand iron
·
Safe deposit box
Nigt
Table
§
Nigth lamp
§
Service directory book
§
Memmo pad
§
Balpoint
§
Telephone
Coffe
table diatasnya dilengkapi dengan maches dan astray
3..
Penangan Kehilangan dan penemuan
Barang (Lost & Found)
Bila
kamar tersebut baru saja ditinggalkan oleh tamunya (C/O) periksalah dengan
seksama kalau-kalau ada barang tamu yang tertinggal.
|
Kalau kamar yang dibersihkan itu
Occupied biasanya banyak barang atau
pakaian tamu yang berserakan di atas tempat tidur, kursi. Dalam hal ini gantung dan letakkan barang
tersebut dengan rapi pada tempat yang
semestinya
4. Membersihkan
dan Menata Kamar Mandi
Yang
dimaksud dengan cara membersihkan dan menata kamar mandi adalah bagaimana caranya roomboy membersihkan dan
mengatur perlengkapan yang ada di dalam kamar mandi sehingga bersih, aman dan
nyaman.
Karena
tamu yang memasuki kamar, biasanya melihat kebersihan dan kelengkapan kamar mandi. Ini bearti bahwa kebersihan dan kelengkapan
kamar mandi umumnya dijadikan tolak ukur
terhadap kamar mandi umumnya dijadikan tolok ukur terhadap kebersihan kamar
ataupun kebersihan hotel itu sendiri.
Oleh karena itu pragmugraha mempunyai wawasan yang luas dan tepat tentang alat pembersih,
bahan pembersih serta barang-barang keperluan tamu yang ditempatkan di kamar
mandi. Alat-alat sanitasi, serta metode yang digunakan di
berbagai hotel cukup berpartispasi.
Umumnya alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi ialah:
§
Tempat mencuci tangan (wash basin)
§
Bak mandi (bath tub) dan shower
§
Jamban
(toilet bowl)
Disamping
alat-alat tersebut kadang-kadang dilengkapi juga dengan “bidet” yang fungsinya
sama dengan jamban, yang biasanya
dipakai khusus untuk wanita.
Untuk
mendapatkan gambaran yang lebih jelas, perhatikanlah denah kamar mandi dengan
perlengkapannya.
a. Persiapan
Menyiapkan
peralatan serta bahan pembersih berupa sikat kamar mandi, toilet bowl brush,
sponge, OO towel dan obat pembersih .
Keseluruhan peralatan dan obat-obatan tersebut harus dipersiapkan dalam keadaan
bersih.
b Langkah –
langkah membersihkan alat-alat Sanitasi :
1)
|
Kemudian tuangkan bahan pembersih
(disinsfectant), biarkan beberapa saat sambil menunggu obatnya bereaksi, lalu
mengerjakan pekerjaan yang lain
.
2)
|
3)
Mulailah membersihkan bagian atas,
antara lain kaca atas wash basin table
dengan chemical khusus yang telah disiapkan
4)
|
5)
|
6)
|
Gosoklah
dengan spon atau karet sepon dan sabun cair, bila dasar bak mandi masih kotor,
gosoklah dengan bubuk pembersih. Bilaslah dengan baik. Bila perlu pakai air hangat dari pancuran
atau shower.
7)
|
8)
Keringkan dengan lap katun mulai
dari “shower” dinding kamar mandi, bak
mandi, tirai mandi, dan semua kran.
9)
|
10)
|
Kibaskan sikat jamban kemudian masukan
ke dalam kantong plastik atau tempat
jamban yang sudah disediakan.
Gosok
tangki air, pipa, tempat duduk dan bagian bawah jamban dengan sepon yang berisi
sabun dan “disinfectant”,
kemudian
bilaslah dengan air bersih yang diambil
dari kran bak mandi atau ember yang sudah disiapkan.
6)
Bersihkan pintu kamar mandi pada bagian dalam dan luar.
7) Kembalikan Cady cary atau kotak alat dan
bahan pembersih ke dalam trolley cart.
5. Melengkapi
guest supplies Kamar Mandi.
Kamar
mandi dismaping harus dibersihkan harus pula dilengkapi dengan beberapa handuk
dan barang-barang keperluan tamu. Setelah mengerjakan pekerjaan yang
membersihkan alat-alat sanitasi, ambilah handuk dan pelengkapan kamar
secukupnya, atau sesuai dengan petunjuk atau aturan.
|
|||||||
|
|||||||
![]() |
|||||||
|
|||||||
Berikut
adalah standard bathroom supplies
yang harus tersedia adalah:
·
Wash Towel/face Towel = 2 buah
·
Hand Towel = 2 buah
·
Bath Towel = 2
buah
·
Bath Mat = 1 buah
·
Toilet paper = 1 rol
·
Tissue box = 1 box
·
Shower cap = 1 buah
·
Shampoo =
1 botol
·
Conditioner = 1 botol
·
Hair Dryer = 1 buah
·
Bath Soap = 1 buah
·
Bath Foam = 1 buah
·
Bath Robe = 1 buah
·
Cotton Bud = 1 buah
·
Pasta Gigi = 2 buah
·
Toot Brush = 2 buah
·
Comb =
1 buah
·
Waste Basket = 1 buah
·
Sanitary Can = 1 buah
·
Disposal Bag = 1 buah
·
Astray =
1 buah
·
Glass =
2 buah
·
Glass Cover = 2 buah
·
Scale =
1 buah
·
Flower Vase = 1 buah
6. Membersihkan
Lantai kamar mandi (cleaning the bathroom floor)
|
Sapu lantai kamar mandi, pel dengan
menggunakan mop biasa atau oo towel dari arah terjauh dan berakhir di pintu
masuk kamar mandi
7. Membersihkan
Lantai Kamar Tidur
Lantai
adalah bagian bangunan atau ruangan yang paling cepat kotor. Supaya kamar tetap bersih, maka lantai harus
dibersihkan setiap saat. Karena itu
dibuat dari berjenis bahan, maka jenis
pembersihannya pun berbeda.
|
Lantai permadani (karpet
dibersihkan dengan penyapu permadani atau “Box Sweeper” dan alat penghisap debu
“Vacuum Cleaner”
|
Bersihkan lantai dari serambi, dan
diteruskan di dalam kamar dan terakhir pada pintu masuk. Jangan lupa menyapu di tempat yang
tersembunyi seperti dibawah meja, dibalik pintu dll.
7. Pemeriksaan Terakhir (Final Check)
|
Bagian-bagian
dan tempat yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan terakhir.
·
Jendela tertutup, night curtain, dan glass curtain dalam
posisi yang benar
·
Pemanas terpasang kembali
·
Sprei kasur terpasang dengan rapi
·
Lampu nyala dan
gambar telah bersih
·
Penerangan berfungsi
·
TV, radio, dan
alat elektronik lain bekerja
·
Bar kecil telah penuh
·
Tidak ada noda
di cermin atau permukaan benda
·
Pintu tertutup
·
Pintu bebas dari tanda jari
·
Di bawah karpet
dan sekitar perabot telah bersih
·
Perabotan dalam posisi yang tepat
·
Persediaan tamu telah terisi
·
Tidak terdapat alat pembersih yang tertinggal di kamar
·
Tempat sampah dan
asbak dalam keadaan kosong dan bersih
·
Alat – alat yang
harus diperbaiki atau yang dibersihkan secara khusus harus dilaporkan
|
Sebelum meninggalkan kamar, semprotkan
penyegar dengan pewangi yang netral dengan cara
berjalan mundur dimana roomboy
sambil melihat sekeliling kamar juga bathroom disemprotkan dengan pewangi
tersebut, agar udara di dalam kamar stetap segar dan wangi. Pintu kamar ditutup
dengan baik dilanjutkan dengan mengerjakan lainnya
9. Administrasi/Pengisian
Roomboy Control Sheet
Mencatat semua lena, perlengkapan tamu
dan keterangan lainnya selama mengerjakan kamar. Tulis pada formulir pramugraha sesuai dengan
standar operarional prosedur.
Berakhirlah tugas anda menyiapkan kamar
tamu, dan lanjutkan membersihkan dan menata kamar berikunya.
c. Rangkuman 4
Sebelum anda melakukan pembersihan
kamar tidur tamu langkah awal yang harus dilakukan adalah first checking sesuai
dengan prosedur.
Memasuki kamar tamu untuk melakukan
pembersihan harus mengikuli langkah-langkah yang ditetapkan.
Untuk membereskan tempat tidur harus
melakukan pengecekan secara teliti mengenai perlengkapan kamar tamu, jika ada
kerusakan, kehilangan barang segera
laporkan pada order taker sesegera mungkin, hal ini dilakukan agar semuanya
dapat segera ditindaklanjuti.
Dalam proses pembersihan kamar
menggunakan sistem clock wise atau un clock wise, dengan tujuan supaya lebih
teliti sehingga tidak ada yang terlewatkan.
Untuk melakukan pembersihan di kamar
mandi, bersihkan dengan teliti sesuai dengan prosedur pembersihan yang benar.
d. Tugas 4
Cobalah dan ualngi lagi pelajaran dari
guru anda pada saat diluar jam belajar untuk melakukan simulasi bagaimana
melakukan proses membersihkan kamar tamu dan kamar mandi serta melengkapi guest
suppliesnya sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dipelajari. Pekerjaan ini
dapat anda lakukan di dalam sekolah maupun luar sekolah
Mintalah
pada teman anda untuk mengamati, dan selanjutnya bergantian anda yang mengamati
teman anda.
e. Test Formatif 4
a. Apa
yang dimaksud tujuan sistem clock wise pada saat membersihkan kamar!
b. Berapa
jumlah standar bath towel di kamar hotel?
c. Mengapa
cara mem vacuum lantai dilakukan dari arah sudut terjauh?
d. Apakah
yang dimaksud Lost and Found itu?
e. Jenis
Guset suplies yang digunakan sebagai penutup kepala pada saat mandi adalah?
f. Jenis
towel yang ditempatkan disamping bath tub adalah?
f. Lembar Kerja 2
Untuk
mengingat semua guset supplies yang diperlukan untuk kamar tamu, Buatlah
kelompok-kelompok guest supplies di kamar tamu dan di kamar mandi serta
peletakkannya,
No.
|
Guest
Supplies
Kamar
Tidur
|
Tempat
Peletakkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Guest
Supplies
Kamar
Mandi
|
Tempat
Peletakkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar