Jenis
laporan di bagian reservasi (types of reservation report)
Langkah
terakhir pada suatu proses pemesanan kamar adalah melengkapi laporan yang
berkaitan dengan pemesanan kamar. Dengan adanya laporan-laporan tentang
reservasi maka hotel dapat memaksimalisasi tingkat penjualan kamar dengan
melalukan pengawasan yang akurat tentang room availability (Kamar
yang tersedia untuk dijual) dan forecasting of potential room sales (ramalan
tentang potensial penjualan kamar di masa mendatang). Seluruh departemen yang
ada di hotel juga dapat menggunakan laporanlaporan reservasi ini untuk membantu
manajemen dalam membuat perencanaan kebutuhan SDM pada waktu tertentu.
Beberapa
laporan di bagian reservasi dibuat secara harian dan ada pula yang dibuat
secara mingguan atau bulanan. Tiap-tiap hotel memiliki jenis-jenis laporan
reservasi yang berbeda. Hal ini sangat tergantung pada kebutuhan management.
Namun, secara umum jenis-jenis laporan tentang reservasi dapat dilihat di bawah
ini.
1. Reservation
transaction report
Laporan
ini berisi tentang ringkasan tentang kegiatan reservasi di hotel yang disusun
secara harian. Laporan ini memberikan ringkasan tentang jumlah reservasi yang
masuk, perubahan-perubahan reservasi dan pembatalan.
2. Room
availability report
Laporan
yang memberikan informasi tentang kamar-kamar yang tersedia untuk dijual.
3. Group
status report
Laporan
tentang tamu-tamu rombongan yang tiba dan berangkat, termasuk informasi tentang
jumlah tamu rombongan dan pemesanan kamar rombongan yang menggunakan jaminan
atau tidak menggunakan jaminan.
4. Special
arrival list
Daftar
tentang tamu-tamu penting, VIPs, atau tamu-tamu dengan permintaan khusus.
5. Turn-away
report
Laporan
tentang jumlah reservasi yang ditolak. Hal ini biasanya dilakukan bila hotel
mengalami fully booked.
6. Three
days forecast report
Laporan
tentang perkiraan tingkat hunian kamar untuk tiga hari yang akan datang.
7. Reservation
histories
Merupakan
statistik dari seluruh proses reservasi, meliputi jumlah tamu, kamar terisi,
sumber pemesanan, no-shows, overstays, dan understays pada periode
tertentu.
Status
reservasi
Penting
bagi petugas reservasi kamar untuk mengetahui jenis status reservasi yang
berlaku dihotel. Collin Dix dan Chris Bird (1992:44) dalam bukunya front
office operations, mengatakan bahwa
jenis-jenis status reservasi kamar hotel sebagai berikut.
1. 6
p.m release
Status
reservasi kamar ini sering didasarkan pada waktu tamu tiba di hotel. Jika tamu tiba (check-in)
sebelum batas waktu kedatangan yang ditentukan oleh hotel jam 6 sore, tamu
tersebut akan mendapatkan kamar sesuai dengan pesanannya. Namun tamu hingga
waktu tersebut belum tiba, maka kamar akan dijual kepada tamu lainnya. Artinya
pemesanan kamar otomatis dibatalkan setelah melewati waktu tersebut.
2. Guaranteed
arrival
Status
reservasi kamar ini kebalikan dari status reservasi 6 p.m release. Kalau
status reservasi 6 p.m release tidak ada jaminan dari pihak pemesan.
Sedangkan status reservasi guaranteed arrival adanya jaminan pembayaran
dari pihak pemesan, sehingga tamu yang bersangkutan terlambat check-in atau
tidak datang di hotel, maka kamar masih tersedia untuknya. Kamar bersangkutan
akan dibiarkan kosong dan tidak dijual kepada siapa pun sampai dengan waktu check-out
pada keesokan harinya.
3. Take
or place (t or p)
Umumnya
setiap hotel sudah mempunyai tamu-tamunya yang reguler. Oleh karena itu, setiap
hari pihak hotel sudah mengalokasikan kamar-kamar tertentu bagi tamu-tamu
tetap, walaupun tamu tersebut belum membuat reservasi kamar sebelumnya. Jika pada
saat tiba (regular guest) tidak tersedia kamar, dalam arti hotel dalam
keadaan penuh, pihak hotel akan membantu atau mencari kamar di hotel lain yang
setaraf dengan fasilitas di hotel kita. Biasanya ditawarkan kepada hotel yang
satu kelompok(chain hotel) atau hotel yang berdekatan.
4. VIPs
and CIPs
Reservasi
untuk tamu penting VIPs (very Important persons) atau tamu CIPs (commercially
important persons), biasanya ditangani oleh senior reservation clerk untuk
menghindari kesalahan, sehingga semua permintaannya akan ditangani dengan
sebaik mungkin. Bagi kedua jenis tamu ini akan diberikan perhatian khusus atau
tanda khusus pada table reservasi (reservation chart) sehingga semua
petugas akan mengetahuinya.
5. Tours
and groups
Tour
& group apabila jumlah orangnya minimal 15
orang. Namun, hal ini juga sangat ditentukan oleh kebijakan hotel
masing-masing. Dalam menangani pemesanan kamar ini, petugas harus mengikuti
prosedur khusus karena tamu group akan memesan kamar dengan jumlah
banyak. Oleh karena itu, travel agents yang membawa group tersebut harus
memberi deposit atau jaminan kepada pihak hotel. Tamu group sering diistilahkan
dengan group inclusive tour (GIT).
6. Commissionable
bookings
Pemesanan
kamar yang dibuat oleh biro perjalanan, umumnya akan diberi komisi oleh hotel
kepada travel agent tersebut. Hal ini jika biro perjalanan
tersebut belum ada contractual agreement sebelumnya dengan pihak hotel.
Besarnya komisi yang diberikan oleh hotel terhadap agent tersebut
sebesar 10% dari harga kamar. Sedangkan bagi travel agent yang
sudah benefit akan diberikan harga khusus atau contract rate sehingga travel
agent dapat menjual kepada tamu sesuai dengan harga kontrak. Jadi agent
tersebut dengan sendirinya sudah mendapat komisi dari harga kontrak tersebut.
Formulir
Formulir
yang digunakan dalam penanganan pemesanan kamar antara lain:
1. Reservation
form: formulir untuk mencatat data tentang pemesanan kamar.
2. Reservation
slip:
formulir kecil yang mencatat data pemesanan kamar, kemudian ini akan disimpan
pada reservation rack. Reservation slip dibedakan atas warna yang
berbeda untuk menunjukkan jenis tamu, seperti:
a. Warna
putih untuk pemesan kategori tamu biasa
b. Warna
merah untuk kategori tamu VIP
c. Warna
hijau untuk kategori tamu yang datang dengan travel agent
d. Warna
biru untuk kategori tamu rombongan
3. Group
reservation form: formulir ini digunakan untuk mencatat
data pemesanan kamar untuk tamu rombongan.
4. Group
cancelaltion form formulir ini digunakan untuk mencatat keterangan
pembatalan pemesanan kamar untuk tamu rombongan.
5. Room
reservation cancellation/change form: formulir untuk
mencatat informasi pembatalan dan perubahan pemesanan kamar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar